Rabu, 15 Desember 2010

teori etika moral

Teori Etis
Moral Reasoning in Nursing Practice Penalaran Moral dalam Praktek Keperawatan

Ethical theories provide a structured approach to moral reasoning in nursing practice. teori etis memberikan pendekatan terstruktur untuk penalaran moral dalam praktek keperawatan.
Ethical issues in nursing are better understood if the nurse explores the various methods of moral reasoning that are used to make judgments about the moral value of an action. Isu-isu etis dalam keperawatan lebih baik dimengerti jika perawat mengeksplorasi berbagai metode penalaran moral yang digunakan untuk membuat penilaian tentang nilai moral dari suatu tindakan.
There are three classes of theories used most often for moral reasoning in nursing practice. Ada tiga kelas teori paling sering digunakan untuk penalaran moral dalam praktek keperawatan.
  • teleological or utilitarian theories - teleological - is derived from the Greek word "telos" meaning end and the word "logos" meaning science . teleologis teori utilitarian atau - teleologis - berasal dari kata Yunani "telos" akhir makna dan kata "logos" yang berarti ilmu pengetahuan.
  • deontological or principle based theories - deontological - is derived from the word "deon" which refers to duty . deontologis berdasarkan prinsip atau teori - deontologis - berasal dari "kata" Deon yang mengacu pada tugas.
  • relational or caring theories relasional atau peduli teori
The names given to each of these classifications reflect the approach to the moral reasoning process that results in a judgment of moral wrong and right about a specific action. Nama-nama yang diberikan kepada masing-masing klasifikasi ini mencerminkan pendekatan untuk proses penalaran moral yang menghasilkan penilaian moral salah dan benar tentang tindakan tertentu.
Utilitarian Theories Teori utilitarian
The The utilitarian theories follow the line of moral reasoning that suggests that an act is morally good or bad based on its outcome or effect. teori utilitarian mengikuti garis penalaran moral yang menunjukkan bahwa suatu tindakan secara moral baik atau buruk didasarkan pada hasil atau efek. Under this line of reasoning the action that brings the most good to the most numbers of people would be considered to be a "good" or morally correct act. Di bawah baris ini penalaran tindakan yang membawa yang paling baik untuk jumlah sebagian besar orang akan dianggap sebagai baik "atau bertindak secara moral benar".

This approach is sometimes referred to as a consequence based approach to moral reasoning and is often used to make decisions about funding and the delivery of health care in the Canadian health care system . Pendekatan ini kadang-kadang disebut sebagai pendekatan berbasis konsekuensi penalaran moral dan sering digunakan untuk membuat keputusan tentang pendanaan dan pemberian perawatan kesehatan dalam sistem perawatan kesehatan Kanada .

Deontological Theories Teori deontologis
The The deontological theories of moral reasoning emphasize the rightness of a particular action based on the ideas that certain principles must be upheld in human relationships. deontologis teori penalaran moral yang menekankan kebenaran dari suatu tindakan tertentu yang didasarkan pada gagasan bahwa prinsip-prinsip tertentu yang harus ditegakkan dalam hubungan manusia.

When trying to reason out what is the most moral action to take it is not the nature of the outcome that is judged. Ketika mencoba untuk alasan apa adalah aksi yang paling moral untuk mengambil itu bukan sifat dari hasil yang dinilai.

The action itself is judged to be morally right or wrong after consideration of individual rights, duties, and obligations that apply in the situation. Tindakan itu sendiri dinilai secara moral benar atau salah setelah mempertimbangkan hak-hak individu, tugas, dan kewajiban yang berlaku dalam situasi tersebut.

In Canada there is a moral and legal obligation in nursing practice to act in the best interest of the patient even if that action is not in the best interest of the employer, the physician, or any other health care provider. Di Kanada ada kewajiban moral dan hukum dalam praktek keperawatan untuk bertindak dalam kepentingan terbaik pasien bahkan jika tindakan yang tidak dalam kepentingan terbaik dari majikan, dokter, atau penyedia perawatan kesehatan lainnya.
The moral reasoning used in the following argument against capital punishment uses a deontological approach. Alasan moral yang digunakan dalam argumen berikut ini terhadap hukuman mati menggunakan pendekatan deontologis.
"The purposeful killing of human beings is wrong and society uses that reasoning to make laws and punish people who commit such crimes. As humans we have an obligation to follow this principle and not then commit the same crime in the name of justice." "Pembunuhan tujuan manusia adalah salah dan masyarakat yang menggunakan penalaran untuk membuat undang-undang dan menghukum orang yang melakukan kejahatan tersebut. Sebagai manusia kita memiliki kewajiban untuk mengikuti prinsip ini dan tidak maka melakukan kejahatan yang sama atas nama keadilan."
You might be interested to know that capital punishment has been abolished in Canada. Anda mungkin tertarik untuk mengetahui bahwa hukuman mati telah dihapuskan di Kanada.

Relational or "Caring" Ethical Theories Relasional atau "Caring" Teori Etis
These theories bring an entirely new perspective to the process of moral reasoning for ethical issues in nursing. Actions are not judged according to the outcome or the principles of duty and obligation. Teori-teori ini membawa perspektif baru sepenuhnya kepada proses penalaran moral untuk masalah-masalah etika dalam keperawatan. Tindakan tidak dinilai berdasarkan hasil atau prinsip-prinsip tugas dan kewajiban. But rather a perspective of caring and responsibility is used to determine what might be a morally correct act. Melainkan perspektif kepedulian dan tanggung jawab digunakan untuk menentukan apa yang mungkin menjadi benar bertindak secara moral. In others words the morally good act is the one that shows caring and concern for other people and what might be important to them. Dengan kata lain yang baik bertindak secara moral adalah salah satu yang menunjukkan perhatian dan kepedulian terhadap orang lain dan apa yang mungkin penting bagi mereka.
The three types of ethical theories use entirely different criteria for moral reasoning in order to come to a decision about right and wrong. Ketiga jenis teori etika menggunakan sepenuhnya kriteria yang berbeda untuk penalaran moral dalam rangka untuk datang ke sebuah keputusan tentang benar dan salah.
Often when people disagree about "doing the right thing" it is because they are using different methods of moral reasoning to make a decision about the correct course of action. Seringkali ketika orang tidak setuju tentang "melakukan hal yang benar" itu karena mereka menggunakan metode yang berbeda dari penalaran moral untuk membuat keputusan tentang program yang benar tindakan. This becomes more obvious when these theories are examined in light of the questions that might be asked to make the moral determination of right and wrong. Hal ini menjadi lebih jelas ketika teori ini diperiksa dalam terang pertanyaan yang mungkin akan diminta untuk membuat penentuan moral benar dan salah.
Teleological Theories Teori teleologis Deontological Theories Teori deontologis Relational Theories Teori Relasional
What is the the action that will bring about the best consequence? Apa tindakan yang akan membawa konsekuensi terbaik?

What is the best thing to do here that will bring about the most good for the most people? Apa hal terbaik untuk dilakukan di sini yang akan membawa yang paling baik bagi kebanyakan orang?
What is my duty or obligation in this case? Apa tugas saya atau kewajiban dalam kasus ini?

To whom or what principle must I remain true? Untuk siapa atau apa prinsip yang harus saya tetap benar?

What rights do the people involved have and whose rights supersede the rights of others? Hak apakah orang yang terlibat memiliki hak dan yang menggantikan hak orang lain?
What is the nature of the relationships to be considered in this decision? Apa sifat dari hubungan yang harus dipertimbangkan dalam keputusan ini?

How does my caring influence my action or my beliefs about what I should do? Bagaimana pengaruh kepedulian saya tindakan saya atau keyakinan saya tentang apa yang harus saya lakukan?

Why do Nurses Need to Understand Ethical Theories? Mengapa Perawat Perlu Memahami Teori Etis?

Professional values provide the foundation for nursing ethics. nilai-nilai Profesional menyediakan fondasi untuk etika keperawatan.
Ethical principles provide the foundation for ethical nursing practice prinsip-prinsip etis menyediakan fondasi untuk praktek keperawatan etika
Ethical theories provide the structure for ethical decision making. teori etis menyediakan struktur untuk pengambilan keputusan etis.
An understanding of the process of moral reasoning helps professional nurses to understand different view points. Pemahaman tentang proses penalaran moral membantu perawat profesional untuk memahami sudut pandang yang berbeda. This is especially helpful when: Hal ini terutama bermanfaat bila:
  • the correct or morally "right" course of action is not immediately apparent when ethical issues in nursing practice are encountered. yang benar atau secara moral "kanan" Tentu saja tindakan ini tidak segera terlihat ketika isu-isu etis dalam praktek keperawatan yang ditemukan.
  • there is disagreement among family members or members of the health care team as to the most appropriate actions in a particular situation. ada ketidaksepakatan di antara anggota keluarga atau anggota tim perawatan kesehatan untuk tindakan yang paling tepat dalam situasi tertentu.
All nursing programs in Canada are required to have nursing ethics as part of the curriculum and this content is tested on the Canadian Registered nurse Exam . Semua program keperawatan di Kanada wajib memiliki etika keperawatan sebagai bagian dari kurikulum dan konten ini diuji pada Ujian perawat Kanada Terdaftar .

canadian simbol Here is a list of all the the pages on this website (including this one) that contain more specific information about ethics in nursing. Berikut ini adalah daftar semua halaman di situs ini (termasuk satu ini) yang mengandung spesifik informasi lebih lanjut tentang etika dalam keperawatan.
Nursing Ethics in Canada - an introduction to the regulations that require ethical nursing practice in Canada. Perawatan Etika di Kanada - pengenalan peraturan yang memerlukan praktek keperawatan etika di Kanada.

What is the Nursing Code of Ethics for nursing practice in Canada? Apakah Kode Etik Keperawatan untuk praktek keperawatan di Kanada?

The What's and Why's of an Ethical Code for Nursing Practice The Apa dan Mengapa tentang suatu Kode Etik untuk Praktik Perawatan

Ethical Theories - a brief explanation of the three classifications of ethical theories used most often by nurses Ethical Teori - penjelasan singkat tentang tiga klasifikasi teori etika yang paling sering digunakan oleh perawat

What is an Ethical Dilemma in Nursing Practice? - a description of the ethical principles used in moral reasoning in nursing practice. Apakah yang dimaksud dengan Dilema Etika dalam Praktek Keperawatan? - deskripsi prinsip-prinsip etika yang digunakan dalam penalaran moral dalam praktek keperawatan.

Ethical Decision Making in Nursing Practice - the Influence of Personal and Professional Values Membuat Keputusan Etika dalam Praktek Keperawatan - Pengaruh dan Profesional Nilai Pribadi

Ethical Issues in Nursing Practice in Canada - What are Some of the Current Ethical Issues in Nursing? Isu Etis dalam Praktek Keperawatan di Kanada - Apa Beberapa Masalah Etika arus di Perawatan?

The requirement for Ethics in Nursing Curriculum in Canada Persyaratan untuk Etika dalam Kurikulum Keperawatan di Kanada

Tidak ada komentar:

Posting Komentar